Selamat, Aditya-Wartono Raih Suara Terbanyak Pilkada 2020 Kota Banjarbaru

Selamat, Aditya-Wartono Raih Suara Terbanyak Pilkada 2020 Kota Banjarbaru
Ilustrasi Pilkada 2020. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, BANJARBARU - Pasangan Aditya Mufti Ariffin-Wartono meraih suara terbanyak Pilkada 2020 Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan mengungguli dua pasangan calon lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat mengatakan hasil akhir itu sesuai rekapitulasi suara dari lima kecamatan atau PPK yang prosesnya disaksikan saksi pasangan calon dan Bawaslu Banjarbaru.

Sesuai hasil rapat pleno rekapitulasi KPU Kota Banjarbaru, pasangan dengan tagline maju, agamis, dan sejahtera (Juara) itu memperoleh sebanyak 43.397 suara sah.

Dua pasangan calon lainnya yakni pasangan Gusti Iskandar Sukma Alamsyah-AR Iwansyah mendapat 34.117 suara dan pasangan Haji Martinus-Darmawan Jaya Setiawan meraih 32.774 suara sah.

"Hasil rekapitulasi suara hampir sama dengan data Sirekap dan kami masih melakukan sedikit perbaikan sebelum penetapan hasil rapat pleno yang ditandatangani saksi pasangan calon disaksikan Bawaslu," ujar Wahyu di Banjarbaru, Rabu (16/12).

Juru bicara tim pasangan Aditya-Wartono, Khairil Anwar bersyukur atas seluruh proses yang berjalan lancar sejak pemungutan suara di TPS hingga rekapitulasi tingkat kota.

"Kami juga berterima kasih atas kerja keras tim saksi Aditya-Wartono karena sudah bekerja maksimal dan hasilnya luar biasa ditandai sinkronnya hasil rekapitulasi KPU hari ini dengan hasil penghitungan suara di posko," ujarnya.

Mengenai deklarasi kemenangan pasangan, menurut dia, masih menunggu tahapan yang telah dijadwalkan KPU hingga penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih yang dilakukan panitia penyelenggara pemilu itu.

Pasangan Aditya-Wartono tinggal menunggu penetapan oleh KPU sebagai wali kota dan wwakil wali kota terpilih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News