Selamat, Kemensos Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Selamat, Kemensos Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020
Menteri Sosial Tri Rismaharini. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) meraih penghargaan kategori madya pada Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020.

Kemensos meraih nilai 63,75 – 77,24 sehingga berhak mendapatkan penghargaan tersebut karena dinilai telah peduli, berkomitmen dan berhasil mengimplementasikan pengarusutamaan gender dalam program dan kegiatannya.

Penghargaan APE 2020 sedianya digelar tahun lalu, namun karena pandemi menyebabkan kegiatan tersebut baru bisa dilaksanakan di 2021.

Pemberian Penghargaan APE 2020 dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) ke-4, dan Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya melalui penghargaan APE 2020 kepada 30 kementerian atau lembaga, 29 provinsi, dan 266 kabupaten/kota yang telah peduli dan berkomitmen dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di instansi atau daerahnya masing-masing.

"Kami berharap jumlah kementerian atau lembaga dan Pemda yang meraih penghargaan terus meningkat di tahun mendatang,” kata Bintang Puspayoga dalam acara pemberian Penghargaan APE 2020 yang digelar secara virtual.

Pada kesempatan sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan peningkatan untuk mewujudkan kesetaraan gender turut mempercepat pembangunan bangsa.

Menurutnya, terwujudnya kesetaraan gender dalam pembangunan dapat meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) global hingga 26 persen.

Sebaliknya kegagalan mewujudkannya dalam 6 tahun ke depan bisa menyebabkan Indonesia berpotensi kehilangan USD 135 miliar dalam PDB tahunan.

Keberhasilan Kemensos mengimplementasikan kesetaraan gender diganjar Penghargaan APE 2020 kategori madya dari Kementerian PPPA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News