Selamat, KLHK Raih Penghargaan Nomor 1 BerAKHLAK Nilai Harmonis

Selamat, KLHK Raih Penghargaan Nomor 1 BerAKHLAK Nilai Harmonis
Selamat, KLHK Raih Penghargaan Nomor 1 BerAKHLAK Nilai Harmonis. Foto: ESQ Group

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih juara 1 nasional BerAKHLAK nilai harmonis yang diukur budaya kerjanya oleh ESQ/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International.

Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian mengatakan penilaian dilakukan dengan menyurvei kepada lebih dari 4 juta ASN di 700 kementerian/lembaga.

"Mudah-mudahan Harmonis ini bisa menjadi social capital KLHK untuk terus maju ke depan," ujar Ary Ginanjar, dalam keterangannya, Selasa (9/5).

Ary menyampaikan bahwa KLHK atau rimbawan harus mengombinasikan 3 motivasi yang sekaligus menjawab pesta demokrasi 2024 mendatang.

Ada 7 nilai yang disampaikan oleh Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar, yaitu tentang visi misi sangat lengkap penyampaiannya, kepuasan masyarakat di atas 80% ini perlu mengapresiasi Presiden dan KemenPANRB, implementasikan BerAKHLAK lebih luas lagi, memiliki banyak strategi yang tinggal dieksekusi hasil akhirnya karena programnya sudah di ujung.

"Kemudian, etika, integritas itu bagian saya yang bantu jelaskan, ada laporan bahwa 99% LHKPNnya. Hal hal tersebut harus dijawab dalam waktu singkat ini. Jadi, mulai dari mana dulu? Niat," bebernya.

Menurut mantan ASN selama 7 tahun itu, ada 3 niat dalam lingkup KLHK yakni Strong Why, Big Why, Grand Why.

"Kalau hidup berfokus kepada strong why itu sebagai ASN niatnya untuk mencari penghasilan, uang pensiun, dapat tunjangan kinerja. Big Why itu contohnya baseline baru KLHK, ingin dicintai, dihormati, sekaligus menjawab pesta demokrasi 2024," jelas Ary.

KLHK meraih juara 1 nasional BerAKHLAK nilai harmonis yang diukur budaya kerjanya oleh ESQ/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News