Selamat Pagi Bapak Ibu Guru, Ini tentang RPP

Selamat Pagi Bapak Ibu Guru, Ini tentang RPP
Guru dan siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menumbuhkan kepercayaan diri guru merupakan sesuatu yang penting agar bisa menghasilkan inovasi dalam pembelajaran.

Demikian dikatakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno.

"Kepercayaan diri guru harus dibangun, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru yang nantinya akan menghasilkan inovasi dalam pembelajaran," ujar Totok di Jakarta, Jumat (20/12).

Dikatakan Totok, guru harus memiliki pandangan agar bisa mengajar dengan lebih baik lagi, sekecil apapun usaha perlu dicoba. Termasuk dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru bisa berdiskusi dengan sesama guru.

"Untuk RPP sebisa mungkin contoh namun jangan disikapi contoh itu sebagai aturan. Dalami contoh itu kemudian diramu lagi agar menghasilkan yang terbaik bagi anak," terang dia.

Kemendikbud sendiri sedang mempertimbangkan apakah akan memberikan contoh RPP atau tidak. Hal itu dikarenakan seringkali apa yang diberikan Kemendikbud itu sebagai aturan.

Padahal konsep yang digaungkan Kemendikbud adalah "Merdeka Belajar", termasuk dalam proses pembelajaran.

"Paling penting itu adalah guru harus memiliki ide sendiri yang mana menurut mereka paling baik," cetus dia.

Kemendikbud mempertimbangkan untuk memberikan contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kepada para guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News