Selamat Pagi, Nilai Tukar Rupiah Melemah

Selamat Pagi, Nilai Tukar Rupiah Melemah
Nilai tukar rupiah. Foto: dok JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, kena dampak eksternal.

Pada pukul 09.53 WIB, rupiah bergerak melemah 10 poin atau 0,07 persen ke posisi Rp14.135 per dolar AS dari posisi penutupan hari sebelumnya Rp14.125 per dolar AS.

"Sentimen stimulus fiskal AS telah menekan dolar AS kemarin, tetapi hari ini kemungkinan pasar akan memperhatikan proses persetujuan stimulus tersebut yang mendapatkan pertentangan dari pihak Demokrat di parlemen," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Kamis.

Menurutnya, penolakan tersebut bisa menahan pelemahan dolar AS hari ini terhadap nilai tukar mata uang lainnya.

"Penguatan rupiah pun bisa tertahan hari ini," ujarnya.

Partai Republik dan Demokrat di Kongres tetap tidak dapat mencapai kesepakatan tentang bantuan baru untuk ekonomi AS yang dilanda pandemi.

Meski beberapa investor mengatakan berita ekonomi yang buruk dapat memacu para pembuat kebijakan bekerja lebih keras guna mencapai kesepakatan.

Pemimpin Mayoritas DPR AS Steny Hoyer juga mengungkapkan harapan bahwa kesepakatan dapat dicapai dalam beberapa hari mendatang.

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, kena dampak eksternal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News