Selamat, Ridwan Kamil Raih Penghargaan IDC Digital Transformation Awards Berkat Konsep Provinsi Digital

Selamat, Ridwan Kamil Raih Penghargaan IDC Digital Transformation Awards Berkat Konsep Provinsi Digital
Ridwan Kamil menunjukkan penghargaan IDC Digital Transformation Awards 2019. Foto: Antara

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau Emil meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Digital (DX) Leader dalam ajang IDC Digital Transformation Awards 2019, di Jakarta, Kamis (12/9) malam, karena sukses mentransformasikan urusan masyarakat melalui penerapan teknologi digital.

Menurut Emil penghargaan tersebut menjadi pemicu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk terus bekerja lebih baik. "Saya sangat berterimakasih. Ini adalah sebuah pengharagaan yang akan memacu kami untuk bekerja lebih baik," kata Emil.

Emil menyatakan, pihaknya sedang berupaya menjadikan Jabar sebagai provinsi digital yang berfokus pada digital.

"Jadi, 60 persen urusan kita ada di desa. Rakyat saya tinggal di desa hampir setengahnya dan negara harus turun untuk memastikan transformasi," kata dia.

Sejumlah program Pemprov Jabar saat ini menerapkan teknologi digital, seperti Desa Digital dan pada 2019, ada 600 wifi gratis di desa-desa.

Selain itu, Pemprov Jabar menggagas program Sapa Warga yang bertujuan untuk memangkas gap komunikasi masyarakat desa dengan pemimpin daerah.

Nantinya, ketua Rukun Warga (RW) sebagai penanggungjawab diberi gawai yang dilengkapi aplikasi Sapa Warga supaya dapat berkomunikasi secara virtual dengan Gubernur Jabar maupun Bupati/Walikotanya.

Ketua RW pun bisa memberikan laporan terkait potensi wilayahnya maupun membuat pengaduan. "Tiap ada problem kita bikin apps, kita ada tim yang sangat tangguh, kita punya Jabar Quick Response, merespons kemanusiaan dengan menggunakan interaksi digital, dan kita menggunakan IOT (Internet of Thing) untuk mengubah hidup petani dan nelayan di Jawa Barat," kata Emil.

Penghargaan IDC Digital Transformation Awards 2019 menjadi pemicu Pemprov Jabar untuk terus bekerja lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News