Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi Sangat Ketat, Sistem CAT, Kuotanya Hanya Sebegini

Seleksi Beasiswa Santri Berprestasi Sangat Ketat, Sistem CAT, Kuotanya Hanya Sebegini
Seleksi beasiswa santri berprestas sangat ketat menggunakan sistem CAT. Ilustrasi santri/Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama mencatat sebanyak 6.169 santri yang berhak mengikuti tes berbasis elektronik pada 12 Mei 2022. Tes berbasis elektronik ini untuk Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB).

Direktur PD Pontren Kemenag Waryono Abdul Ghafur mengatakan, PBSB selalu ramai peminat. Tingginya minat santri untuk mendaftar PSBB ini perlu diafirmasi dengan alokasi anggaran yang memadai.

"Tahun ini ada 6.169 santri yang lolos verifikasi dan berhak ikut computer assested test (CAT) pada 12 Mei 2022,” terang Waryono di Jakarta, Rabu (11/5).

Dia menyebutkan, sampai penutupan, total ada 13.011 santri yang mendaftar. Mereka berasal dari 1.730 pesantren.

Namun, yang melengkapi data persyaratan pendaftaran berjumlah 6.391. Setelah dilakukan verifikasi, ada 6.169 santri yang berhak ikut CAT.

Lebih lanjut dikatakan, materi tes dibagi dalam dua jenis. Pertama, materi untuk seluruh peserta tes, berupa materi kepesantrenan, keagamaan, dan kebangsaan, serta materi bahasa (bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris).

Kedua, materi sesuai pilihan program studi (prodi). Ada delapan pilihan prodi, yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sosial Humaniora, Sains dan Teknologi, Magister Teknik Informatika, Magister Industri dan Bisnis Halal, Magister Manajemen, dan Magister Ilmu Falak.

“Hasil tes CAT akan diumumkan pada 19 Mei," ujarnya.

Seleksi beasiswa santri berprestas sangat ketat menggunakan sistem CAT, kuotanya yang tersedia hanya sebegini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News