Seleksi CPNS akan Gunakan Sistem Komputer Accept

Seleksi CPNS akan Gunakan Sistem Komputer Accept
Seleksi CPNS akan Gunakan Sistem Komputer Accept
JAKARTA - Seleksi CPNS akan menggunakan sistem komputer accept. Di mana seorang pelamar akan diuji dengan menggunakan komputer. Semua soal akan tampil di komputer dan dijawab di komputer itu juga. Kemudian, hasil jawabannya bisa langsung dilihat oleh pelamar.

Dengan cara ini, menurut Deputi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan & RB) bidang SDM Aparatur, Ramli Naibaho, akan menjamin kemurnian tesnya. "Calon PNS akan menerima soal yang berbeda-beda dengan bobot sama. Soal ini diacak di komputer. Begitu selesai menjawab semua soal, yang bersangkutan bisa melihat berapa hasil jawabannya itu," tutur Ramli kepada JPNN, Jumat (16/4).

Sistem seleksi yang diajukan BKN ini, lanjut Ramli, ditujukan untuk mengurangi tingkat kecurangan dalam proses penerimaan CPNS. Karena setiap tahunnya, selalu saja masuk laporan terjadinya kecurangan penerimaan CPNS.

Sementara, mengenai kapan bakal diberlakukan sistem tersebut, Ramli mengatakan sekitar tahun 2012. Alasannya, pemerintah (kini) sedang menyiapkan infrakstrukturnya dulu. "Tidak bisa tahun ini atau tahun depan, karena fasilitas infrastrukturnya belum cukup," tandasnya.

JAKARTA - Seleksi CPNS akan menggunakan sistem komputer accept. Di mana seorang pelamar akan diuji dengan menggunakan komputer. Semua soal akan tampil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News