Selesaikan Penyelundupan Manusia lewat Bali Process

Selesaikan Penyelundupan Manusia lewat Bali Process
Selesaikan Penyelundupan Manusia lewat Bali Process

jpnn.com - JAKARTA - Menyangkut penanganan masalah manusia perahu atau boat people atau people smugling, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai Indonesia dan Australia sebenarnya sama-sama menjadi korban. Oleh karena itu, SBY menganggap kerja sama bilateral dalam upaya menangani penyelundupan manusia melalui Bali Proscess adalah hal yang sangat penting.

Tahap Bali Process merupakan kendaraan bagi kedua negara dalam  penangan masalah penyelundupan manusia. "Akan lebih baik kalau ada kerja sama bilateral berdasarkan Bali Proscess untuk mengatasi masalah ini," tuturnya.

Menanggapi keinginan Presiden SBY, PM Abbott mengatakan  bahwa Australia menghormati kedaulatan Indonesia terkait penerapan kebijakan menghalau para pencari suaka.

"Penyelundupan manusia adalah isu kedaulatan, terutama bagi Australia. Saya menghargai keseriusan Indonesia dalam isu ini di masa lalu, kami menantikan untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam isu ini di masa depan," kata Abbot.

Detail mengenai penanganan para imigran gelap ini, kata Abbot, akan dibicarakan Menkopolhukam Djoko Suyanto dengan pejabat pengamanan perbatasan Australia. Ia menyakini Indonesia dan Australia dapat bersama menjaga kedaulatan masing-masing negara dalam kerjasama bilateral tersebut. (flo/jpnn)


JAKARTA - Menyangkut penanganan masalah manusia perahu atau boat people atau people smugling, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News