Seluruh Bansos akan Dicairkan Pekan Ini, Begini Bentuknya

Seluruh Bansos akan Dicairkan Pekan Ini, Begini Bentuknya
Menkeu Sri Mulyani. Ilustrasi Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mencairkan dan menyalurkan seluruh program pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat pada pekan ini.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengharapkan bansos dapat membantu masyarakat di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam keterangan pers secara virtual selepas sidang kabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (5/7).

"Tadi instruksi Bapak Presiden agar dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini, terutama PKH (Program Keluarga Harapan) untuk dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di Juli sehingga bisa membantu masyarakat," ujar Sri Mulyani.

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi juga menaikkan target kartu sembako yang sekarang ini jumlah 15,93 juta penerima, dinaikkan menjadi 18,8 juta. Dan bantuan tunai untuk 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama dua bulan akan dibayarkan pada Juli ini.

Akselerasi pemberian bantuan sosial di Juli juga berlaku untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Sri Mulyani menyebut BLT Desa yang saat ini baru mencapai 5 juta penerima dapat dinaikkan sesuai pagu menjadi 8,8 juta.

Selain itu, Sri Mulyani juga memastikan pemberian bantuan sosial berupa bantuan kuota internet bagi dunia pendidikan akan tetap diberikan.

"Untuk bansos ini, bantuan kuota internet kepada 27,67 juta penerima yang terdiri dari siswa, mahasiswa, tenaga pendidik, guru, dan dosen akan tetap diberikan," lanjutnya.

Pada pelaksanaan PPKM Darurat, pemerintah juga telah menetapkan untuk memperpanjang diskon listrik kepada 32,6 juta pelanggan. Selain diskon listrik, bantuan rekening abonemen listrik juga akan diperpanjang hingga September.

Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mencairkan dan menyalurkan seluruh program pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat pada pekan ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan target pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News