Seluruh Guru Honorer Disarankan Ikut Tes CPNS

Seluruh Guru Honorer Disarankan Ikut Tes CPNS
Bu Guru dan siswa di kelas. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MANADO - Pemprov Sulawesi Utara mengusulkan kebutuhan 900 guru CPNS untuk tingkat SMA/SMK yang akan direkrut tahun ini.

Jumlah itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh, Selasa (27/3). “Kami sudah memberikan pengusulan CPNS ke Menpan sebanyak 900. Tapi tinggal dilihat nanti berapa jumlah kuota yang diberikan Menpan ke Sulut,” ujarnya.

Pihaknya pun mendorong guru-guru non-PNS termasuk honorer memanfaatkan peluang ini, yakni ikut seleksi CPNS. Namun, harus mengikuti mekanisme rekrutmen seperti biasa. “Semua kembali lagi ke mekanisme. Siapa pun yang ingin ikut menjadi CPNS boleh saja tapi harus di tes melalui CAT dan melakukan prosedur lainnya,” katanya.

Lanjut Suluh, Sulut memang sangat membutuhkan tenaga guru PNS. Ini mengingat sudah tiga tahun tidak ada pengangkatan PNS lagi. ”Karena pegawai dengan standar pelayanan masyarakat yang sangat dibutuhkan di bidang pendidikan,” jelasnya.

Suluh menambahkan, saat ini masih diperbantukan tenaga guru honorer. “Untuk guru non PNS SMA/SMK kurang lebih ada sebanyak 1.800 lebih. Tapi jumlah tersebut di luar tenaga guru kependidikan 5.000-an,” bebernya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Liesje Grace Punuh mengatakan, tahun ini memang ada rekrutmen guru CPNS. “Namun, belum dipastikan berapa banyak formasinya. Dan waktunya kapan kami belum tahu,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Bitung Julius mengatakan, honorer yang ingin menjadi PNS harus mengikuti seleksi.

“Pengangkatan memang tidak ada bagi honorer. Namun peluang besar honorer guru menjadi pegawai tahun ini. Karena prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat untuk penerimaan CPNS adalah tenaga pendidik,” ujarnya seperti diberitakan Manado Post (Jawa Pos Group).

Para guru honorer disarankan memanfaatkan peluang seleksi CPNS 2018 yang menyediakan formasi terbanyak untuk guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News