Seluruh Kursi Ketua Komisi Bakal Diduduki Politisi KMP

Seluruh Kursi Ketua Komisi Bakal Diduduki Politisi KMP
Seluruh Kursi Ketua Komisi Bakal Diduduki Politisi KMP

jpnn.com - JAKARTA - Setelah berhasil ‘menguasai’  kursi pimpinan DPR dan MPR, kali ini Koalisi Merah Putih (KMP) berencana menyapu bersih seluruh pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPR RI.

Hal ini disampaikan juru bicara KMP dari Partai Golkar Tantowi Yahya yang menegaskan seluruh Ketua Komisi I hingga Komisi XI di DPR akan diduduki politisi dari KMP.   
    
Tantowi mengatakan, dengan jumlah koalisi yang terdiri dari enam fraksi, maka  sudah dapat dipastikan KMP bisa mengajukan paket pimpinan AKD, sesuai perubahan UU MD3 yang menyebutkan AKD diusulkan dalam satu paket oleh lima fraksi seperti saat pemilihan pimimpinan DPR dan MPR.
    
”Kan  aturannya penentuan pimpinan dari pimpinan dewan hingga pimpinan alat kelengkapan berdasarkan paket dan didukung lima fraksi,” ujar Tantowi Yahya di gedung DPR RI Senayan Jakarta, Kamis (9/10).
    
Tapi, kata Tantowi, komposisi ini akan berubah, tergantung dari postur dan komposisi kabinet Jokowi-JK pasca pelantikan mereka 20 Oktober 2014 nanti .

”Kalau PPP tetap ikut di KIH maka mereka bisa mengajukan satu paket pimpinan dan yang akan terjadi tentunya voting,” imbuhnya.
    
Menurutnya, dengan peraturan ini, KMP mempunyai peluang besar menyapu bersih seluruh unsur pimpinan AKD apabila Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang hanya terdiri dari empat fraksi tak bisa mengajukan paket pimpinan untuk AKD.
    
”Nah, baru ada istilah sapu bersih itu karena mereka kurang satu fraksi,” tukas mantan penyanyi country ini.
    
Namun begitu, lanjut Tantowi, hal itu bisa saja tidak terwujud kalau KIH bisa membawa tambahan satu fraksi untuk mengajukan paket pimpinan untuk AKD. ”Nah, kalau mereka (PPP) menyeberang, maka mereka bisa mengusulkan satu paket,” lontar Tantowi kalem.
    
Dengan rencana KMP tersebut, maka kemungkinan besar partainya akan mendapatkan jatah empat ketua komisi dan delapan wakil ketua komisi di DPR RI.”Salah satunya jadi pimpinan Komisi I DPR RI,” tegas Tantowi yang juga Ketua DPP Partai Golkar ini mantab. (ind)


JAKARTA - Setelah berhasil ‘menguasai’  kursi pimpinan DPR dan MPR, kali ini Koalisi Merah Putih (KMP) berencana menyapu bersih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News