Seluruh Tol Fungsional Trans Jawa Bisa Dilalui

Seluruh Tol Fungsional Trans Jawa Bisa Dilalui
Sejumlah kendaraan pemudik mengantre saat melintasi tol fungsional Brebes – Semarang, Jumat (8/6) pagi. Foto: DEDI SULASTRO/RADAR BREBES/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para pemudik sudah bisa memanfaatkan seluruh ruas Jalan Tol Fungsional di jalur Trans Jawa sejak Jumat (8/6) pagi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol fungsional tahun ini kondisinya akan lebih baik dari tahun lalu, karena semua ruas sudah dalam kondisi perkerasan, baik rigid pavement, aspal, maupun lean concrete.

"Sudah saya cek dengan Menteri Perhubungan semuanya sudah siap rest area di tipe A dan tibe B serta rest area sementara. Sudah dilengkapi air, stok BBM, toilet, mushola," jelasnya.

Selanjutnya, kata Basuki, usai Lebaran yakni bulan Juli pihaknya akan meresmikan sejumlah Tol yang saat ini fungsional. Yakni Tol Ciawi - Cigombong (bagian dari tol Bocimi), Jalan Tol tol Kartosuro-Sragen (bagian dari ruas Solo - Ngawi), Tol Brebes Timur - Pemalang (bagian dari ruas Pejagan-Pemalang), Tol Gempol-Rembang (bagian dari ruas Gempol-Pasuruan) serta Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi I.

Berdasarkan pantauan dan laporan dari Kementerian PUPR, kendaraan mulai terlihat memasuki sejumlah tol fungsional. Seperti ruas Salatiga-Kartasura. Pantauan kamera menunjukkan bahwa beberapa kendaraan sudah mulai melintas di bawah konstruksi jembatan Kali Kenteng di ruas tersebut. Meskipun intensitasnya masih lengang.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan bahwa pembukaan ruas-ruas tol fungsional dilakukan oleh petugas Korlantas di masing-masing daerah.

Menurut Endra, jalur-jalur fungsional masih belum terlalu padat pada hari pertama mudik ini. Karena arus besar masih baru saja bergerak dari Jakarta dan sekitarnya. “Kemungkinan masih di KM 1 sampai 66 Jakarta-Cikampek,” katanya.

Adapun kendaraan yang melintas hari ini di jalur-jalur fungsional, terbatas pada warga dari kota-kota seperti Semarang dan Solo yang ingin melewati jalur fungsional. (wan/tau/lyn/syn)


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan kondisi jalan tol fungsional tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News