Bamsoet Minta Polri dan Kemenhub Awasi Tol Fungsional

Bamsoet Minta Polri dan Kemenhub Awasi Tol Fungsional
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, pemerintah dan Polri harus benar-benar memastikan kesiapan lima jalur tol yang masih bersifat fungsional untuk keperluan mudik Lebaran 2018. Menurutnya, jalur tol fungsional yang akan dibuka Jumat (8/6) harus tetap mengutamakan keamanan pemudik.

Bamsoet -panggilan karibnya- meminta Polri dan Kementerian Perhubungan mematangkan koordinasi dalam mengawasi arus mudik lebaran di jalan tol fungsional. “Mengingat kondisi tol fungsional masih berada di bawah standar tol operasional dan rawan terjadi kecelakaan,” ujarnya, Kamis (7/6).

Adapun lima ruas tol yang akan mulai difungsikan besok adalah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono. Kelima ruas tol itu merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

Mantan ketua Komisi III DPR itu juga meminta Polri menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kemacetan di jalur tol ataupun non-tol. “Terutama di rest area yang berpotensi menjadi titik kemacetan,” sebutnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta masyarakat yang mudik melalui jalur darat agar benar-benar mempersiapkan kelayakan kendaraan mereka. ”Pastikan BBM terisi penuh serta selalu mengikuti rambu-rambu jalan dan arahan petugas di lapangan agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman dan nyaman,” pungkasnya.(jpg/jpnn)


Ketua DPR Bambang Soesatyo menyatakan, jalur tol fungsional yang akan dibuka Jumat (8/6) untuk jalur mudik Lebaran harus tetap mengutamakan keamanan pemudik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News