Semalam Puncak Arus Balik, Tol Cipali Macet 80 Kilometer

Semalam Puncak Arus Balik, Tol Cipali Macet 80 Kilometer
Kemacetan di jalan tol. Foto: Radar Cirebon/JPNN.com

jpnn.com, CIPALI - Puncak arus balik terjadi Sabtu (1/7) malam. Para pemudik dari daerah kembali ke Jakarta. Jalur darat tetap yang paling ramai.

Sejak kemarin pagi (1/7) Tol Cipali macet. Antrean terlihat dari lokasi rest area 102B Dawuan, Subang, hingga kilometer 182B arah Kabupaten Majalengka. Panjang antrean diperkirakan mencapai 80 kilometer.

Pantauan JPNN, dari sore hingga tadi malam, hampir seluruh rest area di sepanjang Tol Cipali arah Cikampek menjadi penyebab kemacetan.

Pengendara antre mengular masuk rest area, memperlambat laju kendaraan yang di belakangnya, berantai, memanjang, menyebabkan kemacetan luar biasa.

Yang paling parah antrean masuk ke rest area yang berada di KM 102. Pengendara yang memaksa masuk ke rest area menyebabkan kemacetan parah. Terlebih, tidak sedikit yang istirahat dengan memarkir kendaraan di bahu jalan tol.

”Sebenarnya Tol Cipali ini bukan satu-satunya untuk mudik,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Kepadatan yang terjadi di Tol Cipali menurut Budi dikarenakan banyak yang memilih jalur tersebut.

Untuk menanggulangi hal tersebut Budi mengaku telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri). Salah satu jalannya adalah dengan mengalihkan sebagian ke arah Pantura.

Puncak arus balik terjadi Sabtu (1/7) malam. Para pemudik dari daerah kembali ke Jakarta. Jalur darat tetap yang paling ramai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News