Semarak Gowes Pesona Nusatara Hebohkan Cirebon

Semarak Gowes Pesona Nusatara Hebohkan Cirebon
Gowes Pesona Nusantara. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, CIREBON - Semarak Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 di Kota Cirebon begitu 'menggelegar'. Terbukti, dalam penyelenggaraan pelaksanaan rangkaian program 'Ayo Olahraga' dari Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) di salah satu Kota di Provinsi Jawa Barat itu, antusias masyarakat khususnya pecinta olahraga sepeda sangat tinggi. 

Sebelum penyelenggaraan dimulai, 2500 peserta yang mengikuti GPN diajak senam dan menyaksikan salah satu tarian asal Kesultanan Cirebon yakni Tari Topeng yang dilakukan oleh anak berusia 10 tahun. Selanjutnya, diadakan upacara penyerahan Tanah dan Air yang diambil dari Witana Keraton Kanoman. 

Tanah dan Air itu diserahkan oleh Tim Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Cirebon kepada Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis lalu diteruskan kepada perwakilan Kemenpora yang kali ini diwakili oleh Staf Khusus Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Anggi Erma Rini.

Menariknya upacara penyerahan tanah dan air itu dilakukan dengan upacara Tabur Bunga.

Nantinya tanah dan air yang dibawa dari setiap daerah penyelenggaraan GPN itu akan dibawa ke Magelang bertepatan dengan Haornas, 9 September, mendatang. 

Menurut Anggi Erma Rini, penyelenggaraan GPN di Cirebon yang melakukan start di Jalan Perjuangan Kota Cirebon dan Finish di Stadion Bima Cirebon itu sangat menarik. Anggi menjelaskan GPN bukan-lah sekedar olahraga bersepeda saja, melainkan perpaduan antara olahraga sepeda dengan dengan budaya di masing-masing daerah tempat pelaksanaan GPN. 

"Pada GPN kali ini sangat menarik karena cirebon ini adalah kota tua, kota bersejarah bagi Indonesia. Menurut saya sangat tepat sekali agenda GPN ini dipusatkan titiknya di kota Cirebon. Terbukti, antusias dari masyarakat cukup tinggi sekali. Peserta juga sangat semangat dengan ada banyak komunitas sepeda yang mengikuti," ungkap Anggi usai melepas peserta GPN Cirebon, Minggu (27/8). 

"Kita lihat tadi sebelum penyelenggaraan ada prosesi adat pada saat penyerahan tanah dan air. Memang, di berbagai daerah juga dilakukan prosesi itu, tapi menurut saya di Cirebon yang paling menarik. Seperti ada tari topeng yang diperlihatakan oleh anak kecil. Itu membuktikan bahwa Cirebon masih kental dengan adat dan budaya-nya. Tentu ini sangat cocok dengan tema GPN tentang mempersatukan nusantara dan Ayo Olahraga sekaligus untuk melesatarikan budaya," sambung wanita cantik berhijab itu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News