Rabu, 26 September 2018 – 03:48 WIB

Semarak Goyang Dayung Meraih Bintang di Universitas Trilogi

Kamis, 13 September 2018 – 15:07 WIB
Semarak Goyang Dayung Meraih Bintang di Universitas Trilogi - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ada yang menarik dalam acara penyambutan mahasiswa baru di Universitas Trilogi, Jakarta. Biasanya, acara sejenis hanya dengan upacara dan pemakaian jas almamater, kali ini dengan goyang dangdut.

Lagu yang dipilih adalah Meraih Bintang yang dipopulerkan Via Vallen. Lagu yang mem-booming saat Asian Games 2018 ini mampu membangkitkan semangat Rektor Universitas Trilogi Dr Aam Bastaman, para dekan, dosen serta 600 mahasiswa baru. Tanpa dikomando, mereka goyang dayung challenge ala Presiden Joko Widodo.

Bagi Aam, dengan membaur bersama mahasiswa dia ingin memberikan contoh soft skill. Pasalnya, di era revolusi industri 4.0, mahasiswa tidak hanya dituntut pintar dari sisi akademis. Soft skill justru menjadi tuntutan utama bagi lulusan perguruan tinggi ketika masuk dunia pekerjaan.

"Menyesuaikan tuntutan zaman, kurikulum pun kami sesuaikan. Tahun ini ada mata kuliah kekinian bagi mahasiswa yaitu citra baru dan motivasi. Sebetulnya ini sudah kami ajarkan juga sebelumnya cuma tahun ini diperkuat lagi soft skill-nya," terang Aam di sela-sela penyambutan mahasiswa baru, Kamis (13/9).

Dengan soft kill, mahasiswa diperkuat kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, conflict resolution , dan lain sebagainya.

Menurut Aam, percuma modal pintar kalau tidak bisa bekerja tim. Agar lulusan perguruan tinggi tidak jadi pengangguran, kemampuan soft skill mahasiswa dipertajam.

Selain itu dikembangkan juga metode student learning di mana dosen hanya sebagai fasilitator. Sedangkan mahasiswa diarahkan lebih aktif.

"Enggak zamannya lagi mahasiswa disuapi terus. Mereka harus aktif, kreatif, dan inovatif," tandasnya. (esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar