Sembarangan Pakai Kosmetik Berisiko Melahirkan Prematur

Sembarangan Pakai Kosmetik Berisiko Melahirkan Prematur
Sembarangan Pakai Kosmetik Berisiko Melahirkan Prematur

jpnn.com - MESKI sedang berbadan dua, wanita hamil pasti tetap ingin terlihat cantik dan menarik, salah satunya dengan rajin menggunakan berbagai produk kecantikan, terutama kosmetik.

Bagi nda ibu hamil yang gemar memakai kosmetik, sebaiknya hati-hati sebab penggunaan kosmetik yang sembarangan bisa memicu kelahiran prematur.

Sebuah studi di AS menyebutkan bahwa wanita hamil yang terkena bahan kimia phthalates yang biasa ditemukan dalam parfum, hair spray, pewarna kuku, deodoran, dan body lotion, berisiko lebih tinggi melahirkan prematur.

Selain pada produk kosmetik, pthalates juga banyak ditemukan dalam plastik atau kemasan makanan. Menurut laporan Journal Of The American Medical Association, temuan ini penting karena prematur merupakan penyebab utama kematian bayi di dunia.

"Hasil penelitian kami menunjukkan hubungan yang signifikan antara paparan phthalates selama kehamilan dan kelahiran prematur. Data ini memberi dukungan yang kuat untuk mengambil tindakan guna mencegah atau mengurangi paparan phtalates selama kehamilan," kata pemimpin studi dari University of Michigan School of Public Health, Kelly Ferguson, seperti dilansir laman Times Live, Sabtu (30/11).

Penelitian ini dilakukan di Brigham and Women's Hospital di Boston. Peneliti melibatkan 130 wanita yang melahirkan sebelum waktunya dan 352 wanita sebagai kontrol partisipan. Peneliti melihat bahwa semakin tinggi paparan phthalates, makin besar kemungkinan perempuan akan melahirkan terlalu dini.

"Bukti ini cukup kuat untuk mendorong wanita hamil menghindari phthalates untuk meminimalisir kelahiran prematur," kata Dr. Sarah Robertson, direktur The Robinson Institute di University of Adelaide, Australia.

"Caranya mudah, bacalah label produk dengan hati-hati, gunakan kosmetik bebas pewangi dan pilihlah makanan segar ketimbang makanan dalam kemasan," pungkas Sarah.(fny/jpnn)

MESKI sedang berbadan dua, wanita hamil pasti tetap ingin terlihat cantik dan menarik, salah satunya dengan rajin menggunakan berbagai produk kecantikan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News