Sembilan Hari Operasi Zebra Tindak 43.166 Pelanggar

Sembilan Hari Operasi Zebra Tindak 43.166 Pelanggar
Operasi Zebra di sebuah ruas jalan di Jakarta, Sabtu (6/12). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - PANYILEUKAN – Memasuki hari kesembilan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya, kepolisian telah menindak puluhan ribu pelanggar lalu lintas.

Berdasar data Kepolisian Daerah Jawa Barat hingga Kamis (4/12), sebanyak 43.166 pengendara telah diberi tindakan tegas oleh polisi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan, pelanggaran didominasi oleh kendaraan roda empat atau lebih.

’’Untuk pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara motor, mayoritas tidak menggunakan helm dan tidak membawa surat-surat kendaraan,” papar Martinus kemarin (6/12).

Sedangkan waktu pelanggaran, terjadi dalam rentang waktu pukul 13.00 hingga 16.00. Maka dari itu, dirinya mengimbau, agar para pengendara mematuhi peraturan lalu lintas juga membawa kelengkapan berkendara.

Seperti, Surat Tanda Nomor Kendaraan maupun Surat Izin Mengemudi. ’’Lengkapi kendaraan dengan persyaratan kelengkapan pengemudi dan kelengkapan kendaraan,” ucap Martin.

Dia juga meminta pengendara sebisa mungkin menjauhi pelanggaran lalu lintas. Pasalnya, ditandaskan Martin, pelanggaran sekecil apapun berpotensi menimbulkan kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Operasi Zebra Lodaya 2014 yang akan digelar hingga 9 Desember bertujuan demi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas. Juga untuk meningkatkan disiplin masyarakat di bidang lalu lintas dan menekan angka pelanggaran lalu lintas. (mg6/tam)


PANYILEUKAN – Memasuki hari kesembilan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya, kepolisian telah menindak puluhan ribu pelanggar lalu lintas. Berdasar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News