Sembuh dari COVID-19, Penyintas Harus Perhatikan Hal Berikut

Sembuh dari COVID-19, Penyintas Harus Perhatikan Hal Berikut
Penyintas atau alumni pasien Covid-19 dari RSLI saat melakukan donor darah plasma konvalesen. Foto: Humas RSLI

jpnn.com - Setelah dinyatakan sembuh dari paparan virus Covid-19, ada beberapa hal terkait perawatan yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang mengalaminya.

Perawatan yang tepat tentu akan membuat pemulihan kondisi tubuh berjalan lebih maksimal.

Perawatan setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 bisa dilakukan di rumah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Chief of Medical Halodoc, Irwan Heriyanto mengatakan, durasi waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan Covid-19 akan berbeda-beda bagi setiap orang.

"Pascamendapatkan hasil tes PCR negatif, tubuh tidak dengan otomatis dapat kembali normal," kata Irwan dalam keterangannya, Kamis (26/8).

Seperti dilansir dari The Pharmacy Times, disebutkan 87,4% orang yang pulih dari infeksi Covid-19 masih melaporkan mengalami setidaknya satu gejala seperti kelelahan dan sesak napas.

Di sisi lain, orang yang telah sembuh dari Covid-19 akan memiliki kekebalan tubuh terhadap virus tersebut selama sekitar 8 bulan atau lebih.

Meski begitu, kasus terjadinya infeksi berulang masih dapat terjadi. Ini artinya, meski telah sembuh, protokol kesehatan tetap harus diterapkan.

Setelah dinyatakan sembuh dari paparan virus Covid-19, ada beberapa hal terkait perawatan yang perlu diperhatikan oleh setiap orang yang mengalaminya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News