Sembuh, Raja Saudi Pulang Kampung

Sembuh, Raja Saudi Pulang Kampung
Sembuh, Raja Saudi Pulang Kampung
RIYADH - Di tengah pecahnya revolusi sejumlah negara Arab, Raja Abdullah dikabarkan pulang. Agence France-Presse melaporkan raja Arab Saudi tersebut telah bertolak dari Maroko setelah kondisinya membaik pasca menjalani operasi di Amerika Serikat.

Jalanan dan berbagai bangunan di Ibu Kota Riyadh, didekorasi dengan bendera kebangsaan serta poster sambutan selamat datang kepada raja 86 tahun tersebut. Seluruh halaman depan koran Saudi, kemarin (23/2), memberitakan kepulangan sang raja. Sebagian di antaranya dikaitkan dengan gejolak revolusi di sejumlah negara tetangga, seperti Yaman dan Bahrain.

"Raja (Abdullah) menjadi satu-satunya pilar stabilitas di tingkat regional, saat ini," tulis editorial harian berbahasa Inggris, Arab News. Sementara harian ternama berbahasa Arab, Okaz, dalam salah satu bagian tulisannya menyebut bahwa Raja Abdullah adalah sebuah "oasis perdamaian" di tengah turbulensi Timur Tengah.

Presiden Mesir Hosni Mubarak, sekutu dekat Raja Abdullah, dilengserkan oleh gerakan sosial populer pada 11 Februari lalu, ketika sang raja sedang berada di luar negeri. Sebelumnya, orang kuat Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali, juga melarikan diri ke Jeddah, Arab Saudi, setelah dipaksa mundur melalui Revolusi Melati. Otoritas Tunisia telah, secara formal, meminta pemerintah Arab Saudi mengekstradisi Ben Ali dan istrinya Leila Trabelsi.

RIYADH - Di tengah pecahnya revolusi sejumlah negara Arab, Raja Abdullah dikabarkan pulang. Agence France-Presse melaporkan raja Arab Saudi tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News