Semburan Merapi hingga 1 Kilometer

Semburan Merapi hingga 1 Kilometer
Semburan Merapi hingga 1 Kilometer
YOGYAKARTA - Suara gemuruh Gunung Merapi mengagetkan warga kemarin dini hari (22/7). Sejurus kemudian, gunung berapi aktif setinggi 2.968 meter yang berada di kawasan Jawa Tengah dan Jogjakarta itu mengeluarkan hujan abu. Akitivitas vulkanis Gunung Merapi terjadi pukul 04.22 sampai 05.35 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, gumpalan asap hitam keluar dari puncak Merapi. Ada juga lontaran material berwarna merah hingga ketinggian 1 kilometer yang terpantau dari Pos Selo, Boyolali. Hujan abu dan pasir halus melanda wilayah Deles, Tlogowatu, Kemalang, Balerante, Klaten.

''Hujan abu mencapai 14 kilometer dari puncak Merapi ke arah Klaten dan Sleman,'' kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Sementera itu, hujan abu terjadi di sekitar Kalitengah Lor, Kalitengah Kidul, Srunen di daerah Cangkringan, Kaliurang, dan Sleman, Jogjakarta.

Begitu terdengar gemuruh, warga di sekitar Merapi berhamburan ke luar rumah. Ratusan warga mengungsi di kantor Kecamatan Kemalang, Klaten. Di Magelang, meski kaget, warga tidak panik. Mereka hanya keluar rumah dan kemudian kembali begitu gemuruh berakhir.

YOGYAKARTA - Suara gemuruh Gunung Merapi mengagetkan warga kemarin dini hari (22/7). Sejurus kemudian, gunung berapi aktif setinggi 2.968 meter yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News