Semen Baturaja Berhasil Menyulap Lahan Pascatambang jadi Budidaya Lebah Trigona

Semen Baturaja Berhasil Menyulap Lahan Pascatambang jadi Budidaya Lebah Trigona
PT Semen Baturaja Tbk, anak usaha SIG berhasil menyulap lahan pascatambang 30,14 hektare, di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, menjadi rumah bagi koloni lebah trigona sejak dibudidayakan pada Juli 2021 lalu. Foto SIG

jpnn.com, OGAN KOMERING ULU - PT Semen Baturaja Tbk, anak usaha SIG berhasil menyulap lahan pascatambang 30,14 hektare, di Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, menjadi rumah bagi koloni lebah trigona sejak dibudidayakan pada Juli 2021 lalu.

Lebah trigona merupakan salah satu genus lebah tanpa sengat penghasil madu terbaik, karena memiliki tingkat kandungan bee pollen paling tinggi.

Madu trigona berwarna agak gelap dan tidak bening, serta memiliki rasa yang unik dari perpaduan manis, asam, dan pahit.

Selain dikenal sebagai penghasil madu terbaik, lebah trigona juga merupakan produsen propolis terbaik di dunia.

Budidaya lebah trigona cukup mudah, sehingga banyak dipelihara secara tradisional oleh masyarakat pedesaan sekitar kawasan hutan.

Program reklamasi dan revegetasi dengan menggunakan metode silvikultur yang telah dijalankan oleh Semen Baturaja, terbukti telah berhasil mengubah lahan pascatambang menjadi lahan asri yang kaya akan beragam jenis tanaman, khususnya tanaman hias berbunga yang sangat disukai oleh koloni lebah.

Saat ini, terdapat 30 jenis tanaman dengan total sebanyak 11.344 pohon yang telah ditanam, di antaranya kaliandra, cemara, flamboyan, durian, mangga, kelengkeng, rukam, nangka, trembesi, mahoni, dan matoa.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni menjelaskan budidaya lebah trigona merupakan inovasi yang dilakukan oleh Semen Baturaja untuk membantu proses penyerbukan tanaman di lahan reklamasi pascatambang sekaligus sebagai penghasil madu.

Budidaya lebah trigona merupakan inovasi yang dilakukan oleh Semen Baturaja untuk membantu proses penyerbukan tanaman di lahan reklamasi pascatambang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News