Semen Gresik Bangun Pabrik Rp 1,2 Triliun

Semen Gresik Bangun Pabrik Rp 1,2 Triliun
Semen Gresik Bangun Pabrik Rp 1,2 Triliun
JAKARTA - Pemetaan pasar PT Semen Gresik Tbk (SMGR) di kawasan timur Indonesia sudah matang. Itu setelah perseroan menginvestasikan dana taktis senilai Rp 1,2 triliun. Dana segar itu menurut klaim manajemen dipakai membangun pabrik semen terintegrasi penuh di Manokwari, Papua.

Pabrik berkapasitas 600 ribu ton per tahun tersebut bakal dibangun dua tahun mendatang. Artinya, pembangunan pabrik dengan kalkulasi sebesar USD 200 per ton akan digeber setelah edisi 2014.

”Ya. Itu merupakan rencana besar perseroan. Paling setelah 2014 mendatang,” tutur Dwi Sutjipto, Direktur Utama Semen Gresik, di Jakarta.

Dwi menyebut sumber pendanaan belum bias dipastikan. Hanya untuk sebagian dari kas dan sisanya berasal dari pembiayaan eksternal.

Selain itu, proyek itu dilakukan secara bertahap. Di mana manajemen telah memulai dengan membangun pabrik pengemasan atau packing plant di Sorong akhir tahun lalu. ”Harapannya packing plant  beroperasi Agustus 2012 mendatang,” Dwi menuturkan dengan penuh harap.

Kapasitas packing plant sebesar 600 ribu ton per tahun dengan investasi Rp 250 miliar. Secara teknis, packing plant mengemas semen curah yang dikapalkan perseroan dari lokasi pabrik di daerah lain.

JAKARTA - Pemetaan pasar PT Semen Gresik Tbk (SMGR) di kawasan timur Indonesia sudah matang. Itu setelah perseroan menginvestasikan dana taktis senilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News