Semen Gresik Pabrik Rembang Raih Predikat Terbaik 1 Penghargaan GMP 2023

Semen Gresik Pabrik Rembang Raih Predikat Terbaik 1 Penghargaan GMP 2023
Para petani yang berasal dari masyarakat desa sekitar PT Semen Gresik Pabrik Rembang, Jawa Tengah, sedang melakukan pembibitan tanaman di kawasan Edupark di Desa Kajar, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Foto dok Semen Gresik

jpnn.com, CILACAP - PT Semen Gresik di Rembang, Jawa tengah, meraih Predikat Terbaik 1 Penghargaan Good Mining Practice (GMP) 2023, kategori Skala Besar dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diraih anak usaha SIG, lantaran konsistensi dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik atau Good Mining Practice.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Bidang Minerba ESDM Jawa Tengah, Agus Sugiharto kepada Plt. Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi di Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Sabtu (13/5).

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, penerapan good mining practice yang memperhatikan prinsip keberlanjutan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kegiatan pertambangan di seluruh wilayah operasional SIG.

Hal ini sejalan dengan tiga pilar keberlanjutan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yaitu mendorong solusi dan inovasi berkelanjutan, perlindungan terhadap lingkungan, serta menciptakan nilai bagi karyawan dan komunitas.

"Penerapan good mining practice oleh SIG tidak sebatas hanya untuk memenuhi regulasi semata, tetapi dilandasi kesadaran akan besarnya manfaat yang bisa diperoleh secara berkelanjutan bagi banyak pihak, khususnya masyarakat sekitar wilayah operasi. Karena SIG ingin menjaga keseimbangan antara kinerja perusahaan, kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. SIG berkomitmen untuk mengembalikan apa yang telah didapat untuk masyarakat," ujar Vita Mahreyni.

Dalam perencanaan penambangan, PT Semen Gresik selalu mengacu pada desain tambang yang tertuang dalam AMDAL, terutama terkait elevasi kedalaman penambangan untuk menjaga air bawah tanah.

Monitoring juga dilakukan secara berkala pada sumur-sumur pantau yang telah disediakan.

Penghargaan tersebut diraih anak usaha SIG, lantaran konsistensi dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik atau Good Mining Practice.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News