Semester I 2023, Penyaluran Kredit Bank Jatim Tumbuh Signifikan

Semester I 2023, Penyaluran Kredit Bank Jatim Tumbuh Signifikan
Bank Jatim. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. atau bankjatim menggelar analyst meeting untuk memaparkan kinerja Semester I 2023 dalam keterbukaan informasi pada Selasa (25/7) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Analyst meeting tersebut dihadiri langsung oleh direksi bankjatim yaitu Direktur Utama Busrul Iman bersama dengan Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Edi Masrianto, Direktur Mikro, Ritel & Menengah R. Arief Wicaksono serta Direktur Manajemen Risiko Eko Susetyono.

Busrul memaparkan, bankjatim berhasil melewati semester I 2023 dengan kinerja yang cukup baik. Selama semester I tahun ini, penyaluran kredit bankjatim mampu membukukan peningkatan yang signifikan di atas rata-rata yaitu 13,2 persen (YoY).

Untuk pertumbuhan kredit tertinggi terjadi pada sektor komersial & SME sebesar 25,55 persen (YoY) dan sektor konsumer 5,77 persen (YoY).

”Pertumbuhan penyaluran kredit merupakan cerminan dari perekonomian yang berjalan dan menandakan adanya kenaikan permintaan barang dan jasa dari masyarakat,” tegasnya.

Pertumbuhan kredit yang telah dicapai bankjatim tersebut membuat LDR perusahaan semakin membaik. Dari 45,88% pada Semester I 2022 meningkat jadi 59,54% pada Semester I 2023.

Penyaluran kredit bankjatim juga diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman. Hal itu terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 5,77% pada semester I 2023, berbanding 6,86% di tahun sebelumnya (YoY).

Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross bankjatim juga ikut menurun di angka 2,80% pada Semester I 2023, berbanding 4,12% pada periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. atau bankjatim terus menunjukkan performa positifnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News