Pertumbuhan Kredit Bank Jatim Tumbuh Signifikan Sepanjang 2022

Pertumbuhan Kredit Bank Jatim Tumbuh Signifikan Sepanjang 2022
Bank Jatim. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim memaparkan kinerja keuangan Tahun Buku 2022 melalui Analyst Meeting.

Sepanjang 2022, Bank Jatim melanjutkan tren pertumbuhan kinerja positif bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya (Year on Year/ YoY).

Direktur Keuangan, Treasury & Global Services, Edi Masrianto mengatakan kinerja moncer bankjatim dimulai dengan pertumbuhan total kredit secara keseluruhan sebesar 8,06% (YoY) selama 2022.

"Peningkatan penyaluran kredit bankjatim terjadi di seluruh segmen, yang mana hal tersebut sejalan dengan pemulihan ekonomi di berbagai sektor. Kredit di sektor UMKM menjadi penyumbang kenaikan tertinggi yaitu mengalami peningkatan sebesar 26,24% (YoY) atau tercatat Rp 6,34 Triliun hingga akhir 2022," ujar Edi di Hotel Alila SCBD Jakarta.

Tidak hanya itu, portofolio kredit Komersial juga mengalami peningkatan sebesar 7,02% atau tercatat Rp 11,20 Triliun. Capaian kredit di sektor konsumsi juga meningkat signifikan, tumbuh sebesar 5,11% atau tercatat Rp 28,65 Triliun.

Pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jatim diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman.

Hal tersebut terlihat dari rasio Loan At Risk (LAR) yang melandai di angka 4,81% pada 2022, berbanding 6,57% di tahun sebelumnya (YoY).

Rasio Non Performing Loan (NPL) Gross bankjatim juga ikut menurun di angka 2,83%, berbanding 4,48% di tahun sebelumnya.

Pertumbuhan penyaluran kredit Bank Jatim diikuti oleh perbaikan kualitas pinjaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News