Seminggu Jelang Lebaran, Ribuan Pemudik Tinggalkan Batam

Seminggu Jelang Lebaran, Ribuan Pemudik Tinggalkan Batam
Para pemudik tampak antre saat memasuki kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Kepri, kemarin. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Satu minggu menjelang hari raya Idul Fitri, lonjakan penumpang sudah mulai terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Kamis (7/6).

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PDS Suherman mengatakan lonjakan penumpang memang sudah mulai terjadi sejak dua hari belakangan. Ia memperkirakan semakin dekat hari raya jumlah penumpang yang hendak mudik akan terus bertambah.

"Yang pagi cukup signifikan terlihat lonjakannya. Bisa dilihat juga ruang tunggu pelabuhan selalu ramai dengan berbagai tujuan," kata dia.

Humas KPLP Batam, Erik Mario mengatakan untuk jumlah penumpang yang berangkat memang mengalami peningkatan.

Berdasarkan manifest kapal yang diterima, Selasa (5/6) jumlah penumpang berangkat sebanyak 1.574 orang dan yang turun 1.178 penumpang dan Rabu (6/6) berangkat naik menjadi 1.819 dan yang turun 1.200 penumpang.

"Diperkirakan grafiknya akan terus naik hingga lebaran nanti," sebutnya.

Selain penumpang, pihaknya juga memastikan kapal laiak untuk berangkat termasuk perlengkapan keselamatan selama di kapal nanti.

"Penumpang yang tidak mendapatkan tiket sesuai dengan keinginanya jangan memaksa naik ke kapal sehingga kapal menjadi kelebihan muatan. Ini sangat kami wanti-wanti demi keselamatan penumpang hingga tujuan," imbaunya.

Satu minggu menjelang hari raya Idul Fitri, lonjakan penumpang sudah mulai terlihat di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Kamis (7/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News