Semoga Cak Imin Bisa Satukan Umat untuk Agenda 2019

Semoga Cak Imin Bisa Satukan Umat untuk Agenda 2019
Inisiator Nusantara Mengaji Muhaimin Iskandar saat menghadiri acara khataman Alquran di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (18/11). Foto: Instagram

jpnn.com, MEDAN - Para ulama, ustaz dan guru mengaji yang tergabung dalam Koalisi Umat Sumatera Utara memberikan mandat untuk Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar agar maju pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Mereka juga mendoakan tokoh yang kondang disapa dengan panggilan Cak Imin itu maju sebagai calon presiden ataupun calon wakil presiden.

Penyerahan mandat dilakukan di Medan, Minggu (18/3). Mandat itu diserahkan oleh Mustasyar PWNU Sumut Jaharudin Batubara yang dipercaya sebagai juru bicara koalisi kepada Ketua DPP PKB Jazilul Fawaidz

"Ini amanah yang berat karena datangnya dari para ulama, guru ngaji, ustaz. Doa para ulama didengar Allah, insyaallah dikabulkan agar Pak Muhaimin dapat menjalankan mandat ini," ujar Jazilul.

Dalam pertemuan, Koalisi Umat juga menggagas Poros Islam Kebangsaan sebagai upaya menyatukan politik umat untuk agenda nasional 2019. Koalisi Umat merupakan persatuan dari berbagai institusi antara lain NU, Al Wasliyah, Muhammadiyah, Badan Koordinasi Majlis Taklim, Badan Koordinasi Mubalig Sumut, MUI, para guru agama dan sejumlah elemen lain.

"Saat ini umat Islam terkotak-kotak, juga menghadapi problem ekonomi di mana lapangan kerja dan akses ekonomi sulit. Aspirasi umat Islam belum sepenuhnya terakomodasi oleh pemerintah," ucap Jaharudin.

Menurutnya, kondisi yang ada menjadi alasan berbagai elemen di Sumut untuk menggagas hadirnya Poros Islam Kebangsaan. Harapannya, hal itu bisa menjadi sarana menyatukan umat dalam agenda politik nasional.

"Amanah kami kepada Cak Imin meningkatkan SDM umat Islam melalui peningkatan kualitas pendidikan diniyah dan pesantren. Selain itu, kami juga berharap Cak Imin memperjuangkan perbaikan ekonomi umat dan akses usahanya," pungkas Ustaz Jaharudin.(gir/jpnn)


Para ulama, ustaz dan guru mengaji di Sumatera Utara memberikan mandat untuk Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar agar maju di Pilpres 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News