Semoga Habib Rizieq Mendengar Pernyataan Doni Monardo

Semoga Habib Rizieq Mendengar Pernyataan Doni Monardo
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo. Foto: dok. Humas Setkab

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat keterisian ruang perawatan intensif (ICU) di sejumlah rumah sakit di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah meningkat menyusul terjadinya lonjakan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu dikatakan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).

“Sejumlah rumah sakit di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami peningkatan di atas 70 persen untuk ICU. Sedangkan Jakarta keterisian ICU mencapai 69,5 persen. Tetapi ini pun harus bisa diupayakan untuk tidak bertambah lagi," kata Doni.

Doni mengatakan, dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus COVID-19 yang signifikan.

Bahkan di DKI Jakarta, penambahan kasus mencapai 1.500 kasus per harinya.

“Beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus di sejumlah daerah. Bahkan di ibu kota negara mencapai kasus yang relatif lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Dua hari lalu mencapai 1.579 dan kemarin 1.300-an,” jelasnya.

Kepala BNPB itu mensinyalir salah satu penyebab penambahan kasus COVID-19 adalah libur panjang saat akhir Oktober 2020 lalu.

Pihaknya juga kini mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 dari insiden kerumunan massa di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten saat penyambutan Imam Besar FPI Rizieq Shihab, kemudian acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Petamburan dan Tebet DKI Jakarta, serta di Megamendung Bogor, Jawa Barat pada kurun 10-14 November 2020.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan dalam beberapa hari terakhir terjadi penambahan kasus COVID-19 yang signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News