Sempat Kabur, WTS Pengidap HIV Ini Akhirnya Meninggal

Sempat Kabur, WTS Pengidap HIV Ini Akhirnya Meninggal
Mt saat masih tergolek lemah di pembaringan ruang flamboyan RSKD. Jumat (22/8), WTS yang kerap mangkal di kawasan Gunung Malang dan BP ini akhirnya meninggal dunia. Foto: Balikpapan Pos/JPNN.com

jpnn.com - BALIKPAPAN - Wanita Tuna Susila (WTS) belia, berinisial Mt (22) yang dinyatakan positif mengidap HIV berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (22/8) siang.

Pihak medis Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) menyebutkan, pasien HIV tersebut menghembuskan napas terakhirnya sekira pukul 12.00 Wita.

"Sehari sebelum meninggal, saya sempat menemaninya. Mt minta dicarikan carger HP yang ia titipkan ke petugas RS. Saya carikan tapi ternyata tidak ada. Waktu itu, jarum infus di tubuhnya sudah dicabut, Mt bisa berbicara seperti orang normal," kata Isma, relawan HIV/AIDS dari LSM Laskar Pita Merah PKBI.

Saat terakhir berjumpa, Isma via telepon selulernya pada Sabtu (23/8) tadi malam melanjutkan, Mt selalu merengek untuk terus dijaga setiap kali hendak ditinggal pulang. Orangtua Mt yang tinggal di kawasan Ring Road belakang SMAN 4 sudah didatangi para relawan untuk diajak memberikan motivasi terhadap anaknya.  

Selain itu, kepada orangtua Mt, disampaikan pula persoalan tidak adanya pihak yang menanggung biaya pengobatan sejak WTS muda ini menjalani rawat inap di ruang Flamboyan 27 RSKD.

Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) bersama relawan Laskar Pita Merah bermaksud untuk meminta kartu tanda keluarga (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sehingga bisa mengklaim biaya pengobatan Mt melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Ternyata Mt sudah keluar dari KK karena sebelumnya sudah pernah menikah namun akhirnya cerai. KTP-nya tidak diketahui siapa yang menyimpan," tutur Asri, relawan HIV/AIDS lainnya.

Sekretaris KPAD, Sugiarto saat menghubungi Balikpapan Pos sempat menyatakan Mt berniat kabur dari RSKD. Sebelumnya Mt memang sudah pernah kabur dari RSKD. Ketika kondisinya kembali drop, oleh rekan-rekannya di indekos kembali dibawa ke RSKD.

BALIKPAPAN - Wanita Tuna Susila (WTS) belia, berinisial Mt (22) yang dinyatakan positif mengidap HIV berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (22/8) siang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News