Sempat Terkendala, Ujian Akhir Semester Online di Universitas Terbuka Kembali Lancar

Sempat Terkendala, Ujian Akhir Semester Online di Universitas Terbuka Kembali Lancar
Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) 2020 di Universitas Terbuka (UT) dengan skema online yaitu take home exam (THE) akhirnya bisa dilaksanakan.

Ini setelah sempat terkendala teknis dan jaringan di hari pertama, Sabtu (5/12). 

Menurut Rektor UT Prof Ojat Darojat, tim khusus yang dibentuk telah bertindak cepat dengan melakukan berbagai pembenahan agar ujian berjalan lancar dan tidak merugikan hak-hak mahasiswa.

Terbukti dengan pelaksanaan UAS online pada Selasa, 8 Desember 2020 bisa berjalan baik dan normal seperti biasanya. 

"Alhamdulillah, sekitar 159 ribu mahasiswa mengikuti UAS pada 8 Desember dengan skema THE yang tersebar di 34 provinsi dan sebagian lagi tersebar di 90 negara lainnya," ungkap Rektor Ojat dalam pernyataan resminya yang diterima JPNN, Kamis (10/12). 

Menurut Prof Ojat, monitoring integrated system yang dimiliki UT mampu memantau dengan baik lalu lintas data, titik persebaran peserta ujian, serta mengoptimalkan pertahanan terhadap serangan cyber yang dilakukan oleh pihak luar. 

Kelancaran  pelaksanaan UAS online pada Selasa (8/12), kata Prof Ojat, telah menepis keraguan banyak pihak tentang kesiapan UT dalam tata kelola pelaksanaan UAS online yang diikuti mahasiswa dalam jumlah masif.

Dia menyebutkan, total jumlah mahasiswa UT yang mengikuti UAS semester 2020/2021 dari tanggal 5-18 Desember 2020 sebanyak 312.236 mahasiswa dengan total peserta ujian untuk seluruh mata kuliah sebesar 1.717.614. 

Sempat terkendala teknis pada UAS hari pertama, akhirnya mahasiswa universitas Terbuka bisa melaksanakan ujian online pada 8 Desember

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News