Semua Korban Longsor Sumedang Ditemukan, Operasi SAR Berakhir

Semua Korban Longsor Sumedang Ditemukan, Operasi SAR Berakhir
Tim SAR temukan seluruh korban dalam longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Kantor SAR Bandung)

jpnn.com, SUMEDANG - Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Bandung beserta unsur gabungan menutup operasi pencarian korban bencana longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/1).

Operasi SAR tersebut dihentikan setelah semua korban yang sebelumnya tertimbun tanah longsor ditemukan dan telah dievakuasi.

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, pencarian itu dinyatakan ditutup setelah satu korban dalam pencarian yang tersisa ditemukan pada pukul 21.13 WIB.

Dengan demikian, sebanyak 40 warga yang menjadi korban tertimbun longsor telah ditemukan dan dievakuasi oleh Tim SAR.

"Keberhasilan ini berkat kerja sama yang baik antara unsur yang ada di lapangan, sehingga semua korban yang menjadi korban bencana longsor ini berhasil dievakuasi di hari kesepuluh ini," kata Deden di Posko Koordinasi SAR Gabungan di Cimanggung, Kabupaten Sumedang pada Senin malam.

Deden menjelaskan, pada operasi pencarian hari kesepuluh ini ada delapan orang yang ditemukan.

Dia juga menyebutkan proses pencarian ini sesuai dengan target yakni tepat selesai dalam tiga hari masa perpanjangan operasi SAR.

Sebelumnya Tim SAR menyatakan proses pencarian diperpanjang hingga tiga hari setelah pencarian menginjak hari ketujuh pada Jumat (15/1).

Operasi SAR longsor Sumedang, Jawa Barat dihentikan setelah seluruh korban yang berjumlah 40 orang ditemukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News