Semua Petunjuk Keberadaan MH370 Terbantahkan

Semua Petunjuk Keberadaan MH370 Terbantahkan
Semua Petunjuk Keberadaan MH370 Terbantahkan

jpnn.com - SYDNEY – Keluarga korban hilangnya pesawat Malaysia Airline (MAS) MH370 harus siap menerima kenyataan pahit. Yakni, pesawat tersebut beserta seluruh penumpangnya mungkin tidak akan pernah ditemukan. Sebab, Kamis (29/5), pemerintah Australia mengungkapkan, alat pencari bawah laut Bluefin-21 telah menyelesaikan misinya.

Sayangnya, setelah tim mencari berminggu-minggu di titik yang diperkirakan lokasi jatuhnya pesawat, hasilnya ternyata nihil. Tim pencari tidak menemukan potongan pesawat, kotak hitam, atau hak sekecil apa pun yang berhubungan dengan MH370.

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang pada 8 Maret lalu. Rute penerbangan pesawat tersebut dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Beijing, Tiongkok. Dengan data satelit, para pejabat menyimpulkan, pesawat yang membawa 239 orang penumpang itu tenggelam di Samudera Hindia, dekat Perth, Australia.

Sayangnya, setelah lama mencari dan menghabiskan anggaran yang luar biasa, ternyata kesimpulan tersebut salah. Pemerintah Australia bahkan menegaskan, wilayah Samudera Hindia bisa disingkirkan dari kemungkinan area lokasi berakhirnya pesawat MH370.

’’Bluefin-21 telah menyelesaikan misinya, yakni mencari di area di mana sinyal akustik terdeteksi awal April lalu. Setelah data diperoleh dan dianalisis, Badan Pusat Koordinasi Bersama (JACC) menyimpulkan, tidak ada tanda-tanda potongan pesawat yang ditemukan di lokasi tersebut,’’ ujar salah seorang pejabat JACC.

Awal April lalu, tim mendengar empat bunyi ping dari alat pendeteksi lokasi yang dipercaya berasal dari kotak hitam MH370. Lokasi adanya ping itu kemudian dipakai sebagai acuan pencarian pesawat nahas tersebut. Bluefin-21 telah menelusuri 850 kilometer persegi hingga akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa bunyi ping tersebut mungkin berasal dari hal lain. Bukan kotak hitam MH370. ’’Pencarian dilakukan berdasar informasi terbaik yang ada saat itu,’’ ujar wakil Perdana Menteri Australia Warren Truss.

Rencananya, tim pencari berfokus me-review ulang data pencarian, mencari di area lain di lautan dengan peralatan yang lebih canggih. Area pencarian MH370 juga bakal diperluas, menjadi 60 ribu kilometer persegi. Rencananya, kapal Tiongkok menyelidiki lokasi tersebut lebih dulu. Pencarian dilakukan pada Agustus nanti. Karena faktor luasnya area pencarian, diperkirakan butuh waktu setahun untuk menyelesaikannya.(AFP/AP/BBC/The Independent/sha/c23/tia)

SYDNEY – Keluarga korban hilangnya pesawat Malaysia Airline (MAS) MH370 harus siap menerima kenyataan pahit. Yakni, pesawat tersebut beserta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News