Semua Sibuk Urus Pilkada, Bang Rhoma Fokus di Pilpres

Semua Sibuk Urus Pilkada, Bang Rhoma Fokus di Pilpres
Ketua Umum Partai Idaman, H. Rhoma Irama saat menghadiri acara pelantikan 18 Dewan Pimpinan wilayah Partai Idaman di Jakarta, Rabu (20/1). Acara tersebut turut dihadiri pula oleh sang anak Ridho Rhoma. Foto: Boy/JPNN.com Ilustrasi by: Boy/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama menantang semua partai politik mengikuti verifikasi administrasi dan faktual peserta pemilihan umum 2019.

Raja dangdut yang karib disapa Bang Haji itu mengatakan, seharusnya tidak hanya partai baru saja yang diverifikasi.

Semua partai politik harus mendapatkan perlakuan sama.

"Bahwa mengenai verifikasi faktual seyogyanya di seluruh partai diverifikasi yang sama," kata Rhoma saat rapat bersama Panitia Khusus Rancangan Undang-undang (Pansus RUU) Pemilu di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/2).

Bang Haji beralasan, eksistensi sebuah partai pada dasarnya tidak konsisten.

Dalam lima tahun atau dari satu pemilu ke pemilu berikutnya bisa terjadi perubahan. Ada partai yang besar, tiba-tiba menjadi kecil dan sebaliknya.

"Ini realitas politik di lapangan. Verifikasi administratif dan faktual seluruhnya harus dilakukan setara untuk partai baru dan lama," kata Bang Haji.

Dalam kesempatan itu, Bang Haji juga memaparkan sikapnya soal parliamentary treshold atau ambang batas perolehan suara minimal parpol dalam pemilu untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi di DPR dan DPRD.

Ketua Umum Partai Islam Damai Aman (Idaman) Rhoma Irama menantang semua partai politik mengikuti verifikasi administrasi dan faktual peserta pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News