Semut Api Jadi Inspirasi Bantu Tim SAR

Semut Api Jadi Inspirasi Bantu Tim SAR
Semut Api Jadi Inspirasi Bantu Tim SAR
GEORGIA--Hasil penelitian ilmuwan tentang semut yang mampu menjangkau tempat-tempat sulit dan tertutup, menjadi inspirasi bagi ilmuwan merancang robot yang dibuat untuk tim search and rescue (SAR) korban bencana.

Tim dari Institut Teknologi Georgia mengatakan semut api dapat menggunakan antena serangga itu sebagai "anggota tubuh tambahan" untuk membantu mereka bila terjatuh dan dapat membangun terowongan di permukaan yang labil.

Para peneliti kemudian menggunakan kamera kecepatan tinggi untuk merekam gerak-gerik semut ini. Temuan para peneliti Amerika ini diterbitkan dalam jurnal PNAS.

Menurut laman Businessinsider (21/5), mahasiswa doktoral pemimpin penelitian, Nick Gravish, merancang "peternakan semut ilmiah" sehingga semut dapat menggali pasir yang diletakkan di antara dua piring kaca dan semua gerakannya untuk membuat terowongan direkam video.

GEORGIA--Hasil penelitian ilmuwan tentang semut yang mampu menjangkau tempat-tempat sulit dan tertutup, menjadi inspirasi bagi ilmuwan merancang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News