Senayan Dukung Sumut Dipecah jadi Empat Provinsi

RUU Simalungun Hataran juga Segera Dibahas

Senayan Dukung Sumut Dipecah jadi Empat Provinsi
Senayan Dukung Sumut Dipecah jadi Empat Provinsi

jpnn.com - JAKARTA - Munculnya lagi gaung aspirasi pemekaran wilayah Sumut sudah sampai ke telinga para politisi di Senayan. Setelah sebelumnya pentolan Fraksi PDIP di DPR, Yasonna H.Laoly, mendorong pembahasan lagi RUU pembentukan Provinsi Tapanuli (Protap) dan dimulainya pembahasan RUU pembentukan Provinsi Kepulauan Nias, kali ini giliran pentolan Partai Demokrat yang bersuara.

Jhonny Allen Marbun menyebut fraksinya juga menginginkan RUU Protap kembali dibahas, lantaran sempat mandeg lama pascatragedi rusuh demonstrasi memperjuangkan Protap yang menewaskan Ketua DPRD Sumut Abdul Aziz Angkat pada 3 Februari 2009 silam.

"Provinsi Tapanuli itu kan dulu sudah berproses hanya tertunda saja karena kejadian itu. Dukungan bahkan bukan hanya dari Fraksi Demokrat saja, tapi mayoritas fraksi," ujar Jhonny Allen Marbun, anggota DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu, kepada JPNN, Sabtu (7/9).

Selain Protap, dia juga menyebut aspirasi pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara (Sumtra), juga perlu didorong, jika memang itu merupakan aspirasi rakyat di sana.

"Provinsi Sumatera Tenggara, kalau memang itu aspirasi masyarakat di sana, ya kenapa tidak?" ujar JAM, panggilan akrabnya.

Dengan demikian, jika suara dari dua pentolan partai besar itu nantinya disambut politisi lintas fraksi di Senayan, maka Sumut bakal pecah menjadi emat provinsi. Yakni Provinsi Sumut sebagai induknya, Protap, Provinsi Kepulauan Nias, dan Provinsi Sumtra.

Sementara, untuk pemekaran tingkat kabupaten, JAM juga mengatakan, fraksinya mendorong agar pembentukan Kabupaten Simalungun Hataran bisa segera diwujudkan. "Karena itu barang sudah lama. Bukan barang baru," cetusnya.

Menurut JAM, jika pemekaran memang merupakan aspirasi masyarakat, pasti hasilnya ke depan akan bagus. "Seperti Provinsi Kalimantan Utara, itu aspirasi masyarakat di sana dan kita dukung dan sudah disahkan," imbuh JAM.

JAKARTA - Munculnya lagi gaung aspirasi pemekaran wilayah Sumut sudah sampai ke telinga para politisi di Senayan. Setelah sebelumnya pentolan Fraksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News