Senggolan Nazaruddin

Di PLN Beking Sudah Tidak Ada Gunanya

Senggolan Nazaruddin
Senggolan Nazaruddin
DUA kali nama PLN disenggol sedikit dalam kaitan dengan Nazaruddin yang kini lagi buron itu. Yang pertama PLN dikaitkan dengan tender batubara yang sampai membuat Nazaruddin bertengkar dengan partner bisnisnya. Yang kedua sekarang ini dalam kaitan dengan tender proyek PLTU Kaltim/Riau.

   

Diam-diam saya senang dua hal itu disebut-sebut. Pertama, saya bisa numpang ngetop sebentar. Kedua, saya memiliki momentum untuk mengampanyekan "PLN baru".

Soal batubara itu, misalnya. Konon,  Nazaruddin memberikan uang kepada Daniel Sinambela untuk modal ikut tender batubara di PLN. Daniel menang tender, tetapi tidak mengembalikan uang Nazaruddin. Daniel kemudian "dihajar". Daniel masuk tahanan.

Yang terjadi adalah Daniel sebenarnya benar-benar menang tender. Bukan karena ada Nazaruddin di dalamnya. Tender itu dilakukan dengan sistem  auction sehingga tidak ada peluang untuk diatur sama sekali. Semua orang tahu sistem  auction itu begitu transparan sehingga sangat kecil peluang untuk terjadi permainan. Daniel menang tender karena penawaran harganya memang sangat-sangat rendah.

DUA kali nama PLN disenggol sedikit dalam kaitan dengan Nazaruddin yang kini lagi buron itu. Yang pertama PLN dikaitkan dengan tender batubara yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News