Sengit! 20 Organisasi Kepemudaan Rebutan Soegondo Djojopoespito Award

Sengit! 20 Organisasi Kepemudaan Rebutan Soegondo Djojopoespito Award
Ajang Soegondo Djojopoespito Award. Foto: Kemenpora for JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Sebanyak 20 organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam Soegondo Djojopoespito Award yang digagas Kemenpora, Jumat (11/12). Mereka terpilih setelah lolos serangkaian seleksi.

Beberapa organisasi kepemudaan yang sudah akrab di telinga ambil bagian dalam event itu. Di antaranya ialah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pekalongan, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Tengah, serta Kesatuan Aksi Mahasiwa Muslim Indonesia (KAMMI) Kalimantan Barat.

Selain itu, ada juga Ikatan Mahasiswa Simalungu Universitas Sumatera Utara (USU), dan Kelompok Studi Ekosistem Mangrove Universitas Diponegoro Semarang.

Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda Yuni Poerwati mengatakan, kompetisi itu digelar untuk memilih organisasi kepemudaan yang memiliki prestasi di bidang pemberdayaan masyarakat.

“Mereka sudah lolos seleksi administratif dan juga fact finding. Hari ini, mereka kami undang untuk presentasi di depan dewan juri guna mempertahankan keunggulan kompetitif model pemberdayaan masyarakat dan pemuda yang selama ini mereka kembangkan,” ujar Yuni.

Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin menambahkan, ajang itu untuk mengenang Seogondo Djojopoespito. Soegondo adalah tokoh pemuda yang memimpin Kongres Pemuda II yang  berhasil menelurkan Sumpah Pemuda pada 1928 silam.

“Nama beliau kami abadikan untuk penghargaan ini, dan akan terus kami lanjutkan tahun-tahun berikutnya,” ujar Zainul.

Para peserta akan dinilai beberapa juri yang kompeten. Mereka adalah Soni Trison dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Margareta Aliyatul M (Sekjen Pengurus Pusat Fatayat Nahdlatul Ulama), dan Budhi Santoso (wartawan senior dari Antara).

JAKARTA – Sebanyak 20 organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam Soegondo Djojopoespito Award yang digagas Kemenpora,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News