Seni Budaya Jadi Kekuatan untuk Angkat Martabat Bangsa

Seni Budaya Jadi Kekuatan untuk Angkat Martabat Bangsa
Direktur Ketahanan Ekonomi Ditjen Polpum Kemendagri Syarmadani dalam forum bertajuk Pemantapan Ketahanan Seni dan Budaya di Hotel Boutique Yogyakarta, Kamis (21/3). Foto: Istimewa

jpnn.com, JOGJA - Direktur Ketahanan Ekonomi Ditjen Polpum Kemendagri Syarmadani mengatakan, di dalam Panca Gatra ketahanan bangsa, hal-hal yang menjadi kekuatan juga bisa berubah kelemahan. Misalnya, masalah ekonomi sosial dan budaya.

Dia menyampaikan hal itu dalam forum bertajuk Pemantapan Ketahanan Seni dan Budaya di Hotel Boutique Yogyakarta, Kamis (21/3).

"Banyak pengalaman bangsa hancur bukan karena serangan senjata dari negara lain, melainkan dari dalam, baik karena faktor ekonomi, ketahanan sosial maupun ketahanan budaya," ujar Syarmadani.

Syarmadani menambahkan, seni budaya bukan sekadar komoditas pertunjukan yang bernilai ekonomi.

"Bersatunya bangsa ini karena budaya. Jangan sampai terjadi disintegrasi bangsa karena kita tidak peduli dan tidak memberikan tempat yang pantas bagi seni budaya karena hanya bangga pada seni pertunjukan," imbuh Syarmadani.

Menurut dia, seni budaya jangan dibatasi sebagai pertunjukan saja. Seni budaya, kata dia, adalah sebuah kekuatan.

"Bukan sekadar kekayaan bangsa, melainkan juga mengangkat harkat martabat bangsa jauh lebih tinggi,” tegas Syarmadani

Selama ini ada kekhawatiran tergerusnya budaya bisa menjadi cikal bakal bahwa masyarakat sudah tidak semakin peduli.

Direktur Ketahanan Ekonomi Ditjen Polpum Kemendagri Syarmadani mengatakan, di dalam Panca Gatra ketahanan bangsa, hal-hal yang menjadi kekuatan juga bisa berubah kelemahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News