Senin Puncak Mudik TKI

Senin Puncak Mudik TKI
Senin Puncak Mudik TKI
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2 TKI) M. Jumhur Hidayat mengataka jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang melakukan mudik ke tanah air tahun ini bisa mencapai 50 ribu orang. ''Biasanya, pada H-4 rata-rata pemudik TKI dari berbagai negara bisa mencapai 25 ribu. Tetapi, pada H-2 bisa mencapai dua kali lipatnya,'' ujar Jumhur pada saat buka bersama dengan TKI diBandara Soekarno-Hatta, Tangerang Sabtu (27/9).

Dari jumlah itu, lanjut Jumhur, merupakan data dari berbagai bandara tempat pendaratan TKI di seluruh Indonesia. ''TKI yang mendarat melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta hari ini saja mencapai 2000 orang. Kemungkinan, Minggu dan Senin akan menjadi puncak arus mudik TKI dari berbagai negara, seperti Malaysia, Hongkong maupun Arab Saudi,'' jelasnya.

Selain bandara Soekarno Hatta, sejumlah bandara lain yang dipergunakan sebagai stasiun pendaratan para pahlawan devisa tersebu antara lain,  Bandara Juanda Surabaya, Bandara Ahmad Yani, Semarang, Adi Sumarmo, Solo, Bandara Husein Sastranegara Bandung, Pelabuhan Tanjung Pinang dan Pelabuhan Belawan, Medan.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik TKI, maka di terminal khusus pendataan tersebut siaga 24 jam petugas medis yang dilengkapi dokter jaga, 100 tempat tidur untuk ruang istirahat, dan mempersiapkan armada yang memadai untuk memulangkan ke kampung halaman masing-masing.

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2 TKI) M. Jumhur Hidayat mengataka jumlah Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News