Seorang Dokter di Sibolga Dinyatakan Positif Terjangkiti COVID-19

Seorang Dokter di Sibolga Dinyatakan Positif Terjangkiti COVID-19
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, SIBOLGA - Seorang dokter di Sibolga, Sumut, berinisial UE, 30, dinyatakan positif terjangkiti COVID-19. Dokter yang bertugas di RSU FL Tobing Sibolga dinyatakan terpapar virus corona setelah hasil swab keluar dari RSU USU Medan.

Keluarnya hasil swab itu sekaitan dengan sempel cairan hidung dan dahak yang dikirim pihak RSU FL Tobing ke Medan sekitar dua minggu lalu, terkait adanya seorang tenaga medis di RSU FL Tobing Sibolga yang dinyatakan positif COVID-19 hasil swab dari RSUD Tarutung.

"Jadi ini merupakan rangkaian dari hasil swab yang dikirimkan oleh RSU FL Tobing ke Medan pascaditetapkannya seorang tenaga medis kita positif hasil Tes Cepat Molekuler (TCM) Rumah Sakit Umum Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, sekitar dua minggu yang lalu,” terang Kadis Kesehatan Sibolga, Firmansyah Hulu, dalam acara temu pers dengan wartawan, Jumat (3/7) sore di Aula Dinas Kesehatan Sibolga, yang didampingi Kadis Kominfo Sibolga Binner Lumban Gaol.

Baca juga: Seorang warga Sibolga yang berdomilisi di Tapteng positif COVID-19 meninggal di Medan

Dikatakan Hulu, begitu ada tenaga medis RSU FL Tobing Sibolga yang positif COVID-19, langsung dilakukan rapid test terhadap 20 tenaga medis RSU FL Tobing yang kontak langsung dengan pasien dan hasilnya nonreaktif.

Pun demikian sempel swab tetap dikirim ke RSU USU Medan, dan hari ini sudah keluar hasilnya untuk 18 orang, dan dua orang lagi masih menunggu.

BACA JUGA: Pecatan Polisi Itu Ditembak Mati karena Serang Petugas Pakai Garpu Sampah dan Parang, Dooor!

“Dari 18 hasil swab tenaga medis yang sudah keluar, ada 1 yang dinyatakan positif, yaitu UE. Atas dasar itulah kita langsung melakukan isolasi kepada pasien di RSU FL Tobing Sibolga. Dan juga langsung kita lakukan pelacakan terhadap keluarga dekatnya dan sudah dilakukan isolasi,” tegasnya.(antara/jpnn)

Seorang dokter di Sibolga, Sumut, berinisial UE, 30, dinyatakan positif terjangkiti COVID-19. Dokter yang bertugas di RSU FL Tobing Sibolga dinyatakan terpapar virus corona setelah hasil swab keluar dari RSU USU Medan.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News