Seorang Pedagang asal Payakumbuh Positif COVID-19 setelah Pulang dari Bukittinggi

Seorang Pedagang asal Payakumbuh Positif COVID-19 setelah Pulang dari Bukittinggi
Sampel virus corona yang diperlihatkan oleh salah seorang dokter. Foto: ANTARA

jpnn.com, PAYAKUMBUH - Seorang pedagang asal Payakumbuh, Sumatera Barat dinyatakan positif terjangkiti virus Corona atau COVID-19 menyusul keluarnya hasil tes swab.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan pria yang merupakan pedagang di pasar tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari Kota Bukittinggi.

"Memang ada salah seorang warga yang positif COVID-19, dan saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Achmad Mochtar Bukittinggi," kata dia

Ia mengatakan sebagai langkah antisipasi awal, keluarga inti dari pasien tersebut akan diisolasi dan harus mengikuti protokol medis dari tim kesehatan yang akan mendatangi dan memantau keadaan.

"Jika memang tidak bisa atau tidak sanggup untuk melakukan isolasi mandiri. Kami pindahkan ke ruangan isolasi yang telah disediakan," ujarnya.

Sebelum dirujuk ke RSAM Bukittinggi, pasien tersebut sebelumnya pernah berobat ke salah satu dokter di kawasan Payakumbuh Barat dan ke Rumah Sakit Islam Ibnu Sina.

"Kami akan melakukan pelacakan orang-orang yang berhubungan dengan yang bersangkutan," kata dia

Ia mengaku pelacakan memang akan cukup memakan waktu mengingat pasien tersebut sehari-hari beraktivitas di pasar. Untuk itu, bagi yang merasa pernah kontak dengan pasien dapat melapor ke petugas kesehatan.

Seorang pedagang asal Payakumbuh, Sumatera Barat dinyatakan positif terjangkiti virus Corona atau COVID-19 menyusul keluarnya hasil tes swab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News