Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor di Cilacap

Seorang Warga Tewas Tertimbun Longsor di Cilacap
Petugas gabungan melakukan penanganan terhadap rumah yang roboh hingga rata dengan tanah akibat bencana tanah longsor di Desa Cijati, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Basarnas Cilacap

jpnn.com - CILACAP - Seorang warga ditemukan tewas tertimbun longsor di Dusun Garawangi, Desa Cijati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa mengatakan berdasar laporan yang diterima Tim SAR Gabungan, korban bernama Casih (62), warga Desa Cijati, RT 02 / RW 06, Kecamatan Cimanggu, Cilacap.

“Korban dievakuasi oleh masyarakat setempat dengan menggunakan peralatan manual pada pukul 09.00 WIB,” kata Adah di Cilacap, Selasa (6/2).  Menurut dia, setelah dievakuasi dari lokasi kejadian, Casih langsung dibawa ke rumah saudaranya.

Terkait kronologi kejadian, dia menjelaskan bahwa bencana tanah longsor di Dusun Garawangi, Desa Cijati, terjadi pada Senin (5/2), sekitar pukul 17.00 WIB, saat hujan lebat.

Akibat kejadian tersebut, sebuah rumah yang dihuni korban atas nama Casih tertimbun material longsoran.

"Kami yang mendapatkan informasi bencana tersebut dari BPBD Kabupaten Cilacap segera memberangkatkan satu regu Basarnas menuju lokasi kejadian untuk melakukan upaya evakuasi bersama potensi SAR yang sudah berada di lapangan," ungkapnya.

Menurut dia, langkah awal yang dilakukan Basarnas adalah membuka akses jalan yang tertimbun material longsoran.

"Material longsorannya sangat banyak, sehingga kami kesulitan sampai lokasi. Kami harus berjalan kaki menuju lokasi kejadian dengan membawa peralatan yang akan digunakan," katanya.

Seorang warga ditemukan tewas tertimbun longsor di Dusun Garawangi, Desa Cijati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News