Sepakat Perkuat Kerja Sama Kepabeanan, Bea Cukai dan PNG Customs Service Teken MoU

Sepakat Perkuat Kerja Sama Kepabeanan, Bea Cukai dan PNG Customs Service Teken MoU
Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani bersama Chief of Commissioner of PNG Customs Service David Towe melakukan penandatanganan MoU kerja sama kepabeanan di Jayapura, Rabu (29/3). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAYAPURA - Bea Cukai dan instansi kepabeanan Papua Nugini (PNG Customs Service) sepakat memperbarui payung hukum kerja sama dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Mutual Administrative Assistance in Customs Matters (CMAA), Rabu (29/3).

Acara yang berlangsung di Jayapura bertujuan meningkatkan kerja sama dan kolaborasi di bidang kepabeanan dan cukai.

Penandatanganan MoU dilaksanakan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani, dan Chief of Commissioner of PNG Customs Service David Towe.

Penandatanganan MoU tersebut turut disaksikan Konsul Jenderal Republik Indonesia di Vanimo Alen Simamarta dan Konsul Jenderal PNG di Jayapura Geoffrey L. Wiri.

Dirjen Askolani mengatakan MoU tersebut menguraikan serangkaian inisiatif dan kegiatan yang bertujuan memperkuat kapasitas kedua instansi.

Kegiatan yang termasuk di dalamnya ialah pertukaran informasi dan best practices, program pelatihan bersama, serta sharing keahlian teknis dan sumber daya.

Upaya ini dirancang untuk memfasilitasi perdagangan, meningkatkan keamanan, serta efisiensi dan efektivitas operasi Bea Cukai di kedua negara.

Selain itu, MoU ini merupakan langkah signifikan untuk meningkatkan kerja sama antara Bea Cukai dan PNG Customs Service, serta menuju pencapaian tugas bersama dalam memfasilitasi perdagangan dan keamanan perbatasan.

“Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan rekan-rekan kami di Papua Nugini untuk mempromosikan kerja sama bilateral yang lebih besar," kata Dirjen Askolani.

Bea Cukai dan PNG Customs Service sepakat memperkuat kerja sama kepabeanan antarkedua instansi melalui penandatanganan MoU

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News