Sepakati Kerja Sama Antisipasi Dampak Revolusi Digital

Sepakati Kerja Sama Antisipasi Dampak Revolusi Digital
Menteri Tenagakerja RI M Hanif Dhakiri dan Menteri Tenagakerja Singapura Josephine Teo. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dan Singapura menyepakati kerjasama mengantisipasi dampak ketenagakerjaan dari revolusi digital.

Kerjasama disepakati setelah Menteri Tenagakerja RI M Hanif Dhakiri dan Menteri Tenagakerja Singapura Josephine Teo melakukan pertemuan bilateral di sela-sela sidang perburuhan ILO di Jenewa, Swiss.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Hanif menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Singapura yang selama ini telah bekerjasama dengan Indonesia dalam hal ketenagakerjaan melalui Temasek Foundation dan Singapore Polytechnic.

“Indonesia berharap kerjasama peningkatan skill pekerja harus terus ditingkatkan, guna mengantisipasi dampak revolusi industri 4.0,” kata Menteri Hanif.

Dia menambahkan, Indonesia berharap kerjasama melakukan pemetaan transformasi sebagai respons terhadap digitalisasi dan industri 4.0.

“Indonesia ingin melihat pengalaman yang telah dilakulan Singapura," imbuhnya.

Selain itu, Indonesia juga meminta Singapura bertukar pengalaman dalam menjalankan skema pembiayaan peningkatan keterampilan bagi pekerja (skills development fund).

Kedua menteri sangat menyadari dampak digitalisasi industri atau yang lazim disebut revolusi industri 4.0, yang banyak menghilangkan jenis pekerjaan konvensional.

Indonesia dan Singapura menyepakati kerja sama mengantisipasi dampak revolusi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News