Sepanjang 2019, Pasokan dan Harga Pangan Stabil

Sepanjang 2019, Pasokan dan Harga Pangan Stabil
Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Agung Hendriadi, saat menyampaikan refleksi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Selasa (31/12). Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Sepanjang 2019 kondisi pasokan dan harga pangan terpantau aman dan stabil. Hal ini menjadi salah satu fokus utama pemerintah mengingat pangan menjadi kebutuhan mendasar bagi tiap orang.

"Sampai hari ini tidak ada gejolak pasokan dan harga. Secara umum pasokan lancar di seluruh Indonesia," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, saat menyampaikan refleksi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Selasa (31/12).

"Kondisi ini patut kita syukuri, karena tidak ada orang antri bahan makanan. Ini menunjukan pasokan stabil dan harga normal," tambah Agung.

Stabilnya pasokan dan harga pangan menurut Agung, tidak terlepas dari pengendalian yang dilakukan dengan berbagai cara dan bekerjasama degan Kementerian Perdagangan, Bulog, Satgas Pangan dan lainnya.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri, mengatakan stabilnya pasokan dan harga pangan salah satunya berkat kehadiran Toko Tani Indonesia (TTI) dan TTI Centre yang mampu menyediakan pasokan pangan dengan harga terjangkau.

"Saat ini TTI berjumlah lebih dari 5.051 yang tersebar di 32 provinsi. Kehadiran TTI mampu memenuhi kebutuhan pangan dan meredam harga, sehingga harga pangan stabil," kata Risfaheri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono yang hadir bersama sejumlah pejabat Eselon I Kementan mengatakan, upaya menjaga stok dan pengendalian harga menjadi salah satu prioritas yang akan dilakukan.

"Sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin limpo, kami akan terus melakukan pemantauan ketersediaan dan harga pangan, minimal sampai 3 bulan ke depan," ujar Momon.

Stabilnya pasokan dan harga pangan, tidak terlepas dari pengendalian yang dilakukan dengan berbagai cara dan bekerjasama degan Kementerian Perdagangan, Bulog, Satgas Pangan dan lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News