Separatis Pro-Rusia Klaim Temukan Black Box MH17

Separatis Pro-Rusia Klaim Temukan Black Box MH17
Separatis Pro-Rusia Klaim Temukan Black Box MH17

jpnn.com - Separatis pro-Rusia mengklaim telah menemukan black box pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di wilayah timur Ukraina, dekat daerah konflik Donetsk (Kamis, 17/7).

Wakil Perdana Menteri Pertama Republik Donetsk yang juga merupakan bagian dari kelompok separatis, Andriy Purgin menyebut black box yang merekam informasi penting penerbangan itu akan dibawa ke Moscow Rusia untuk diperiksa.

"Tentu saja, kita kemungkinan besar akan memberikannya kepada Interstate Aviation Committee (IAC), ke Moskow. Mereka adalah pakar yang memiliki kualifikasi tinggi yang akan mampu secara akurat menentukan penyebab bencana, meskipun begitu jelas," katanya seperti dikutip Daily Mail (Jumat, 18/7).
 
Untuk diketahui, black box digunakan untuk meninjau informasi dari penerbangan dan rekaman obrolan kokpit. Melalui catatan black box dapat diketahui apakah pilot menyadari adanya masalah sebelum pesawat itu jatuh.

Pesawat Malaysia Airlines MH17 sendiri jatuh di Ukraina diduga karena terkena tembakan rudal. Akibatnya, seluruh penumpang yang berjumlah 283 dan 15 kru pesawat tewas seketika. Baik kelompok separatis maupun pemerintah Ukraina sama-sama membantah terlibat dan justru menuding satu sama lain. (mel/rmo/jpnn)


Separatis pro-Rusia mengklaim telah menemukan black box pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh di wilayah timur Ukraina, dekat daerah konflik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News