Senin, 15 Oktober 2018 – 23:56 WIB

Seperti Apa Alat Cantrang itu Digunakan?

Jumat, 19 Januari 2018 – 07:40 WIB
Seperti Apa Alat Cantrang itu Digunakan? - JPNN.COM

jpnn.com - Para nelayan yang selama ini menggunakan cantrang akhirnya bisa bernapas lega usai beraudiensi dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pujiastuti di Jakarta, Rabu (17/1).

Para nelayan sudah diperbolehkan menggunakan alat cantrang untuk melaut.
---
ALAT cantrang yang digunakan oleh nelayan pernah dilarang dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri (Permen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Nomor 2 Tahun 2015.

Alasannya, alat tersebut dianggap merusak dan tidak ramah lingkungan. Namun, peraturan tersebut terus ditentang oleh para nelayan.

”Karena semenjak ada peraturan itu, para nelayan menolak. Nelayan melakukan demo dan akhirnya nelayan diperbolehkan lagi melaut,” ungkap salah seorang nelayan asal Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jateng, Budiyanto, Kamis (18/1).

Budiyanto menjelaskan, cantrang merupakan alat tangkap yang digunakan untuk menangkap ikan demersal (jenis ikan dasar) yang dilengkapi dua tali penarik yang cukup panjang dan dikaitkan pada ujung sayap jaring.

Bagian utama dari alat tangkap ini terdiri dari kantong, badan, sayap atau kaki, mulut jaring, tali penarik (warp), pelampung dam pemberat.

Hal senada dikatakan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Brebes Rudi Hartono.

Menurut dia, dilihat dari bentuknya, alat tangkap cantrang berbeda dengan alat tangkap jenis trawl. Sebab, penggunaan cantrang tidak sampai ke dasar laut.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar