JPNN.com

Seperti ini Cara PLN Jaga Kualitas Instalasi dan Peralatan Kelistrikan

Kamis, 23 Juli 2020 – 04:30 WIB
Seperti ini Cara PLN Jaga Kualitas Instalasi dan Peralatan Kelistrikan - JPNN.com
PLN. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) selalu berupaya dalam menjaga standar dan kualitas pasokan listrik kepada masyarakat.

Pasokan listrik ini juga amat bergantung kepada kualitas instalasi dan peralatan listrik yang digunakan.

PLN melalui salah satu unitnya yaitu PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif) yang bergerak dibidang Testing (pengujian), Inspection (inspeksi) dan Certification (sertifikasi) berperan dalam menjaga kualitas dan mutu material yang akan digunakan PLN, baik di sisi Transmisi, Distribusi, hingga kWh meter PLN.

PLN Pusertif melakukan pengujian terhadap material kelistrikan tersebut sesuai standar yang berlaku.

"Seluruh peralatan listrik yang kami gunakan, misalnya seperti kabel dan kWh meter yang dipasang oleh PLN, sudah melalui tahap pengujian untuk dilakukan standarisasi di tempat kami," tutur General Manager PLN Pusertif, Septa Hamid.

Dengan adanya standarisasi ini maka seluruh material kelistrikan yang terpasang pada instalasi PLN akan memiliki fitur, fasilitas dan kualitas yang sama meskipun berbeda pabrik pembuatnya.

Standar yang telah ditetapkan ini akan menjadi panduan bagi pabrikan yang memasok hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan PLN.

Dalam menetapkan standarisasi peralatan, PLN juga memperhatikan besaran tingkat komponen dalam negeri (TKDN), sehingga hal ini akan mendorong perusahaan dalam negeri untuk tumbuh dan menjaga keberlangsungan ekonomi nasional.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy